Mengenal Fb Dan Id Ads Serta Cara Untuk Beriklan!

fb-dan-ig-ads

Media sosial saat ini semakin hari semakin ramai. Bahkan tidak sedikit diantara pengguna media sosial memanfaatkannya untuk ladang mencari pembeli. Media sosial yang kerap digunakan dalam promosi produk atau jasa ini adalah FB & IG. Media sosial ini menghadirkan fitur fb dan ig ads. Dimana media sosial dapat digunakan untuk beriklan dengan target yang lebih spesifik. 

Ada banyak sekali fitur yang bisa didapatkan ketika beriklan menggunakan Fb Ads maupun IG Ads. Kini mulai banyak perusahaan besar yang menjalankan promosi atau kegiatan iklan menggunakan media sosial tersebut.  Adanya fb dan ig ads memberikan kemungkinan untuk mendapatkan audience yang potensial. Karena ada penargetan khusus yang dapat dilakukan melalui iklan dimedia ini. 

Cara Membuat Fb Dan Ig Ads

Pengguna kedua media sosial ini paling dominan ada di usia 18 – 40 tahun dan pria sangat mendominasi sebanyak 50,4%. Bahkan ada riset yang mengatakan jika 45% pengguna media sosial ini sering melakukan pembelian produk melalui media sosial ini. Sehingga ini bisa menjadi kesempatan yang sangat baik untuk mengambangkan bisnis. 

Bahkan cara iklan fb dan ig ads sangatlah mudah. Namun sebelum ini harus memastikan terlebih dahulu bilamana memiliki akun untuk beriklan supaya tidak kelabakan dan semua bisa dipantau sendiri. Adapun cara untuk menjalankan iklan FB dan IG ads adalah sebagai berikut ini. 

1. Membuka Ads Manager

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk beriklan adalah membuka halaman facebook ads manager. Tentu saja untuk membuka fitur ini harus memiliki halaman sendiri. Namun apa itu halaman? Halaman profil dari sebuah bisnis yang ada di dalam salah satu fitur facebook. Halaman juga menjadi media untuk beriklan sehingga wajib untuk dimiliki. 

Dalam ads manager sendiri ada beberapa fitur yang nantinya akan dimanfaatkan dalam proses beriklan. Tak perlu bingung saat membaca nama-nama fitur. Karena akan ada banyak sekali informasi yang nantinya didapatkan melalui internet. Tentu saja fitur fitur tersebut akan sangat membantu walaupun awalnya memang sedikit membingungkan. 

2. Pilihlah pembuatan iklan manual

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah membuka menu kampanye atau pengelola iklan. Nantinya akan ada tombol “buat iklan” dengan warna hijau dan bisa di klik. Facebook juga akan merekomendasikan 2 jenis iklan. Diantaranya ada dengan iklan manual dan iklan cepat. 

Namun untuk bisa menjalankan iklan secara spesifik, pilihannya ada pada iklan manual. Dimana fb dan ig ads bisa di setting secara manual sesuai dengan target audience yang akan mendapatkan iklan tersebut. 

3. Tentukan tujuan iklan

Langkah berikutnya adalah menentukan tujuan dari iklan. Tujuan yang umum digunakan dalam iklan ada awareness, traffic, konversi dan juga penjualan. Untuk bisnis yang baru launching sangat direkomendasikan untuk menggunakan awareness. Sedangkan untuk menjalankan iklan guna menaikkan kunjungan website, profil IG dapat menggunakan Traffic. 

Namun agar meningkatkan penjualan, tujuan iklan yang bisa dipilih ada dengan Konversi dan penjualan. Setiap jenis tujuan iklan memiliki fitur yang berbeda-beda juga. Sehingga harus lebih selektif menentukan tujuannya. Bahkan audience fb dan ig ads yang didapatkan juga tentunya berbeda. Semakin mengerucut tentu audience yang didapatkan akan semakin berkualitas. 

4. Buat Media untuk beriklan

Ada 2 jenis media yang bisa digunakan dalam iklan yaitu gambar dan juga Video. Untuk penempatannya sendiri ada 3 yaitu ada dengan gambar tunggal, Carousel dan juga video. Untuk carousel sendiri bisa mencampurkan gambar dan video atau hanya salah satu saja. 

Guna mendukung gambar atau video yang sudah dibuat jangan lupa untuk membuat caption yang juga disertai dengan judul iklan. Caption sendiri terbagi menjadi 2 jenis yang mana ada hardselling yang mana to the point dan juga soft selling yang mana bisa dalam bentuk cerita. Untuk awareness sendiri bisa memanfaatkan soft selling sedangkan untuk penjualan bisa hard selling. 

5. Tentukan target audience

Untuk target audience dalam beriklan tentu saja ada banyak sekali. Dimana target audience sendiri terbagi menjadi pemirsa khusus, lokasi, umur, jenis kelamin, bahasa, penargetan terperinci, hingga koneksi. Dari banyaknya target semua cukup menyesuaikan produk yang akan ditawarkan. 

Semisal beriklan produk kaos pria remaja, nah dari situ bisa disetting umur berapa yang umum membeli kaos tersebut. Selain itu lokasi mana yang akan ditargetkan untuk iklan hingga bahasa. Untuk penargetan terperinci adalah pilihan untuk mencari audience dengan minat, perilaku dan demografi yang sesuai dengan produk yang akan dipromosikan. 

6. Tentukan penempatan iklan

Beriklan melalui ads manager memudahkan pengiklan untuk memilih penempatannya. Ada beberapa penempatan yang dapat disesuaikan dengan keinginan. Seperti pada instagram yang hanya akan di tetapkan pada beranda, pencarian atau reels saja. Ini bisa dilakukan pada saat setting iklan. Cukup ceklist bagian yang akan diberikan iklan dan yang tidak diberikan iklan. 

Beberapa Jenis Iklan yang Bisa Dijalankan Melalui Fb Dan Ig Ads

Instagram dan facebook menawarkan cara inspiratif guna menginformasikan produk atau jasa yang ditawarkan. Bahkan dalam menjalankan iklan facebook dan Ig juga akan dipermudah dalam menentukan jenis iklan yang di gunakan. Seperti pilihannya ada di bawah ini. 

1. Iklan Foto

Beriklan dengan media yang sangat simpel dan mudah melalui foto. Tentu gambar biasa saja bisa diiklankan. Namun akan lebih bagus lagi jika iklan menggunakan foto yang diedit khusus dengan imbuhan kata-kata promosi. Tujuannya agar audience yang melihat foto tersebut dapat melakukan action dan tahu tujuan dari gambar tersebut. 

2. Iklan video

Dapatkan visual yang lebih menarik dan lebih banyak orang yang melihat melalui iklan video. Dibandingkan dengan gambar ternyata beriklan dengan media video memiliki daya tarik tinggi. Terlebih dengan imbuhan video detail detail produk atau sekedar cara penggunaan produk. Tentu saja ini akan sangat menjanjikan. Kini bisa membagikan video dengan durasi 60 detik dan daya tariknya lebih maksimal. 

3. Iklan cerita

Adapun fitur yang juga bisa dimanfaatkan untuk beriklan dan juga lebih mudah ditemukan oleh audience. Melalui iklan cerita audiens akan terpikat dengan cerita iklan layar full. Dengan begitu jika media dibuat dengan kreatif, memikat dan menarik tentu akan sangat mendorong audience untuk melakukan action. Baik itu mengunjungi website atau mengirim pesan. 

4. Iklan di jelajah

Guna memperluas iklan ke beranda yang melakukan pencarian minat di luar akun yang mereka ikuti bisa memanfaatkan media iklan jelajah. Melalui iklan ini akan sangat membantu mendapatkan lebih banyak buyer. Tak lain karena audience yang menari sangat benar-benar membutuhkan produk. Bahkan iklan yang muncul di jelajah sangat sesuai dengan minat dari pemilik media sosial tersebut. 

Itulah penjelasan singkat terkait cara iklan fb dan ig ads serta penempatan iklan yang bisa dijalankan. Yang terpenting juga dalam iklan adalah mengubah akun Instagram menjadi akun bisnis, menggunakan foto dan video dengan konsep promosi serta memilih audience yang sesuai dengan produk. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *