Inilah Cara Cepat Bikin Iklan Facebook Ads Murah

facebook-ads-murah

Salah satu platform media sosial yang memiliki pengguna terbesar merupakan Facebook. Aplikasi ini memiliki pengguna aktif yang sangat besar bahkan lebih dari 2 miliar. Beriklan dengan Facebook menjadi potensi yang sangat tinggi bagi pebisnis. Kini memasarkan produk lebih mudah melalui Facebook ads murah. Terlebih di Indonesia yang mayoritas masyarakatnya memanfaatkan media sosial dalam kehidupan sehari-hari. 

Untuk menjalankan iklan melalui platform ini dapat dilakukan dengan berbagai cara. Namun banyak orang yang tentunya memilih Facebook ads untuk beriklan. Tak lain karena fitur ini sudah dirancang khusus oleh Facebook untuk menjangkau audience secara luas. Untuk memulai iklan Facebook pun sangat mudah, karena tips menjalankan Facebook ads murah banyak tersebar di berbagai media. 

Berikut Agar Iklan Facebook Ads Murah Dan Efisien

Menjalankan iklan Facebook memang mudah, namun untuk bisa mendapatkan harga yang murah tentu saja tidak mudah. Oleh karena itu saat menjalankan iklan Facebook ada beberapa hal yang tentu saja harus dipastikan. Karena murah sendiri sangat menguntungkan, biaya yang dikeluarkan sedikit namun omset yang nantinya didapatkan lebih besar. 

Supaya bisa mendapatkan biaya yang lebih murah saat menjalankan iklan Facebook. Perhatikan beberapa hal dibawah ini dalam beriklan. Adapun sebagai berikut ini. 

1. Membuat fanpage terlebih dahulu

Hal pertama yang dilakukan dalam beriklan Facebook adalah membuat fanpage atau halaman. Untuk membuatnya tentu sangat mudah sekali. Cukup masuk ke akun Facebook pribadi kemudian pilihlah menu halaman dan pilih menu bisnis atau merek. Setelah itu maka lengkapilah data-data sesuai dengan bisnis atau perusahaan. 

Semakin informasi yang ada pada fanpage lengkap dan real, maka secara otomatis audience yang melihat dan membaca akan percaya. Karena kepercayaan tersebut maka kemungkinan untuk melakukan action baik itu melakukan like, komen hingga terhubung ke CS pun jadi mudah. 

2. Buatlah akun iklan

Langkah berikutnya yang dilakukan agar memudahkan dalam beriklan dan memantau iklan adalah akun iklan. Membuat akun iklan dapat dilakukan secara mudah melalui Business manager atau Ads manager. Akun iklan sendiri lebih baik menggunakan yang ada pada ads manager bukan lagi di akun personal. Hal ini karena akun iklan pada ads manager memiliki fitur yang lebih banyak. 

3. Membuat Facebook pixel

Jika ingin membuat iklan dengan website, maka Facebook pixel merupakan bagian terpenting yang dibutuhkan. Facebook pixel sendiri berguna untuk memantau kinerja dari website. Selain itu data audience yang pernah berkunjung ke website pun masih tersimpan pada pixel. Dari data yang ada maka bisa digunakan untuk beriklan loh. Dimana pengiklan bisa mencari audience yang serupa dengan pemirsa sebelumnya. 

4. Membuat ads creative

Yang bisa membuat biaya Facebook ads murah faktor utamanya juga ada pada ads creative. Membuat konten yang menarik serta menyesuaikan dengan trend tentu saja sangat meningkatkan minat audience. Dengan minat yang tinggi dari audience, maka kemungkinan melakukan action tentu saja ada. Untuk ads creative yang menarik umumnya diberikan sebuah promo, diskon, gratis ongkir hingga kata-kata yang membuat audience terngiang-ngiang. 

5. Tentukan jenis iklan

Ada beberapa jenis iklan yang bisa digunakan seperti dengan iklan awareness, konversi, consideration dan masih banyak lagi. Untuk jenis iklan ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan dari produk atau jasa. Sebagai contoh jika ingin memperkenalkan produk dulu maka dapat menggunakan jenis iklan awareness. Hal ini dapat meningkatkan kesadaran audience terkait dengan produk yang diiklankan. 

6. Membuat kampanye iklan

Kampanye merupakan gabungan dari beberapa menu dimana didalamnya ada dengan tujuan iklan, ad set dan juga ad. Untuk tujuan sendiri sesuai dengan yang sudah dijelaskan sebelumnya. Sedangkan adset sendiri berisikan settingan umur, demografi, gender, lokasi juga interest. Untuk ad sendiri berisi settingan untuk menempatkan media yang akan diiklankan. Mulai dari gambar, video dan juga caption. 

7. Tentukan anggaran

Anggaran bisa di setting pada 2 pilihan yaitu pada campaign atau pada adset. Untuk Facebook ads murah direkomendasikan untuk menggunakan anggaran pada campaign. Dimana anggaran pada campaign akan diatur sepenuhnya oleh Facebook. Hasil adset dan ad yang bagus akan diberikan biaya yang lebih besar. Setelah tahu mana yang bagus maka dari situ bisa dilakukan scale up budget dengan sistem budget adset. 

8. Analisa iklan 

Jika ingin mendapatkan biaya yang lebih terjangkau namun omset melejit, setelah iklan berjalan usahakan untuk melakukan analisa. Melalui analisa iklan ini dapat diketahui hal apa yang perlu dilakukan perbaikan. Sebagai contoh iklan dengan CTR yang rendah maka yang perlu dilakukan perbaikan adalah ad creative. Sedangkan jika CPM yang tinggi maka yang perlu diperbaiki adalah audiencenya. 

Keuntungan Memilih Facebook Ads Murah

Seperti yang diketahui, kelebihan utama dari Facebook sendiri adalah meningkatkan awareness konsumen terhadap produk. Facebook juga bisa digunakan untuk beriklan berbagai produk atau jasa. Sehingga siapa saja bisa memanfaatkannya tanpa harus khawatir biaya. Adapun keuntungan lain yang bisa didapatkan masih sangat banyak. Apa saja keuntungan yang bisa didapatkan? Simak lebih lengkapnya dibawah ini. 

1. Efisiensi biaya

Salah satu keuntungan yang tentu bisa didapatkan saat menggunakan Facebook ads adalah mendapatkan biaya iklan yang lebih terjangkau. Apalagi jika mengikuti cara diatas maka biaya yang akan dikeluarkan semakin terjangkau lagi. Ditambah dengan target audience yang tepat sasaran maka akan semakin mudah mendapatkan konsumen yang potensial. 

2. Bisa langsung beriklan Instagram

Tahukah jika Facebook dan instagram merupakan satu bagian dari meta. Karena hal tersebut maka menjalankan 1 iklan pun langsung bisa merangkul media sosial lain seperti Instagram. Ini artinya akan semakin menghemat biaya karena 1 campaign sendiri bisa menyebarkan iklan baik ke Facebook maupun ke Instagram. Halaman Facebook sekaligus bisa mengatur iklan dengan instagram. 

3. Jangkauan audience yang lebih luas

Guna meningkatkan kesadaran merek atau brand awareness, maka pilihan terbaik yang dapat dilakukan adalah menggunakan Facebook. Jika iklan diatur secara tepat maka dapat memberikan kemungkinan besar jika iklan sampai ke audience yang potensial bahkan juga banyak. Bahkan Facebook juga memiliki fitur targeting yang mana dapat menarik kembali orang orang yang pernah berinteraksi. 

4. Ketersediaan data

Data-data iklan yang sudah dijalankan tidak akan hilang begitu saja. Melalui dashboard akun iklan Facebook ads murah, semua data yang dibutuhkan bisa ditemukan. Baik itu dari conversion rate, impresi, jangkauan CTR, engagement dan masih banyak lagi. Data-data ini bisa digunakan untuk melakukan evaluasi iklan dan efisiensi iklan. Materi iklan yang disusun setelah evaluasi tentu memiliki potensi yang lebih baik. 

Itulah beberapa hal yang bisa didapatkan untuk menjalankan iklan Facebook biaya yang lebih murah. Akan tetapi jika ada kesulitan dalam beriklan, maja direkomendasikan memanfaatkan jasa Facebook ads murah. Layanan jasa ini sangat membantu keberhasilan untuk meningkatkan data tarik audience pada produk atau jasa yang ditawarkan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *