Facebook ads merupakan layanan iklan berbayar milik Facebook yang bisa membantu pebisnis mengiklankan bisnisnya sesuai dengan demografi, audients. Seperti berdasarkan usia, penghasilan, perilaku berbelanja dan lain sebagainya. Selain itu, masih ada banyak keuntungan menggunakan iklan Facebook ads ini. Terutama untuk pengembangan bisnis.
6 Keuntungan Menggunakan Facebook untuk Iklan Facebook Ads
Sesuai dengan namanya, Facebook ads merupakan iklan yang secara eksklusif tampil hanya di platform Facebook saja. Iklan ini bisa dilihat di timeline dalam bentuk foto, slideshow maupun video. Beriklan di media digital memang tidak harus melalui Facebook. Akan tetapi, ada sejumlah keuntungan yang akan didapatkan apabila menggunakan Facebook ads, seperti:
1. Meningkatkan Branding
Penggunaan Facebook memang bisa membangun jaringan pertemuan tanpa adanya batasan wilayah. Akan tetapi, sejalan dengan bertambahnya fitur Facebook. Maka saat ini Facebook bisa digunakan untuk mempromosikan produk, brand, layanan bisnis bahkan jasa. Artinya iklan Facebook ads bisa membuat produk dan bisnis jadi semakin dikenal orang dari berbagai wilayah.
Bahkan jika bisa menerapkan strategi yang tepat. Maka bisa sekalian menjadi pelanggan. Itu sebabnya tidak ada salahnya untuk memanfaatkan iklan berbayar di Facebook. Terutama untuk membangun dan memperkuat branding bisnis. Sebab semakin besar brand awareness yang didapatkan. Maka peluang mengembangkan usaha juga jadi terbuka lebar.
2. Iklan Jadi Lebih Tepat Sasaran
Keuntungan menggunakan Facebook ads yang selanjutnya yaitu iklan jadi lebih ter target atau bisa menjangkau calon pelanggan secara tepat. Hal ini karena tersedia pengaturan iklan yang memungkinkan menargetkan audience berdasarkan data. Mulai dari usia, jenis kelamin, pekerjaan, minat, penghasilan sampai dengan perilaku berbelanja.
Dengan mengatur target pasar dengan jelas. Maka potensi untuk mendapatkan konsumen yang tepat juga lebih besar. Contohnya produk yang dijual adalah alat tulis dan perlengkapan sekolah. Maka target iklan harus bisa menarik perhatian remaja usia 15 tahun maupun orang tua yang memiliki anak usia sekolah.
3. Iklan Sesuai Dengan Budget
Jika ingin melakukan iklan di Facebook, maka sebagai pengiklan bisa memiliki kendali penuh dalam mengatur dan mengelola iklan. Termasuk juga penggunaan budget untuk iklan. Artinya dengan dana terbatas, tetap bisa memasang iklan di Facebook. Meskipun begitu, tetap pastikan jika sudah tahu dulu target pasar yang ingin dijangkau.
Baik itu berupa data statistik demografi konsumen dan cara pengaturan iklan yang efektif. Nah, jika baru mengenal iklan Facebook ads, maka coba pelajari dulu cara kerjanya dulu. Lalu supaya target iklan bisa tepat sasaran. Alangkah baiknya jika pelajari cara membuat konten yang menarik. Sehingga mampu menarik perhatian konsumen atau audience iklan tersebut.
4. Format Iklan Lebih Beragam
Facebook ads memang memungkinkan pengiklan untuk mengekspresikan kreativitas dalam berbagai format desain iklan. Mulai dari video pendek, gambar, foto, teks bahkan tautan menuju ke landing page produk. Hal ini karena di Facebook ads memang sudah tersedia cukup banyak format iklan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.
Bahkan berbagai format iklan juga bisa dikombinasikan penggunaanya dengan fitur retargeting dan juga remarketing. untuk memahami kedua fitur ini, bisa mempelajari dulu Facebook ads. Karena ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memulai iklan di Facebook.
5. Membangun Komunitas untuk Berjualan
Keuntungan melakukan iklan di Facebook yang selanjutnya adalah membangun komunitas sebagai wadah untuk promosi dan juga jualan. Di Facebook cukup lengkap fitur-fitur yang memungkinkan untuk membangun komunitas. Setelah memiliki komunitas, maka tinggal mengelolanya dengan baik dan terus jaring anggota baru untuk melalui pemasangan iklan.
Selain sebagai wadah untuk berjualan, membuat komunitas juga membuka peluang untuk membangun interaksi dan kolaborasi antar sesama pebisnis. Cara lain yang bisa dilakukan adalah langsung bergabung di berbagai komunitas yang sudah ada di Facebook. Ini cara yang lebih praktis tanpa harus membangun komunitas sendiri. Pilihlah komunitas yang sesuai dengan brand yang diusung.
6. Memberikan Hasil yang Cepat
Keuntungan memulai beriklan di Facebook yang selanjutnya adalah bisa mendapatkan hasil yang cepat. Begitu iklan tayang, Facebook akan memperlihatkannya ke ribuan pengguna yang berpotensi menjadi pelanggan. Bisa juga langsung melihat performa iklan yang dipasang secara real time. Jika hasil promosi tidak memuaskan, maka bisa langsung mengubah atau menyesuaikan iklan yang dipasang.
Hal ini tentunya menjadi keunggulan Facebook dibanding dengan media promosi lainnya. Misalnya radio, televisi maupun majalah. Hasil promosi di media tersebut tidak bisa langsung terlihat. Sehingga tidak bisa melakukan penyesuaian ketika hasilnya tidak sesuai dengan harapan.
Cara Memasang Iklan Facebook Ads
Setelah memahami keuntungan beriklan di Facebook untuk sebuah bisnis. Maka ketahui juga cara memasang iklan di Facebook. Karena tidak semua orang tahu bagaimana cara memasang iklan melalui Facebook. Berikut ini ada beberapa penjelasan mengenai cara memasang iklan di Facebook ads, seperti:
1. Membuat Fanpage
Syarat utama untuk memasang iklan di Facebook ads yaitu harus membuat Facebook page bisnis dan menggunakan Ads manager. Inilah alat untuk mengelola dan melacak performa iklan yang akan dipasang. Pertama, masuk ke laman create Facebook page dan lengkapi informasi sesuai bisnis yang sedang dijalankan lalu pilih create page.
Langkah kedua yaitu masuk ke ads manager dengan cara mengklik tombol go to ads manager. Pilih nama akun dan nanti akan diarahkan ke dashboard ads manager.
2. Melengkapi Informasi Akun Ads Manager
Pada tahap ini, perlu melengkapi beberapa informasi terutama mengenai metode pembayaran iklan. Pilih go to account overview dan klik add payment method. Baru setelah itu pilih metode pembayaran dan lengkapi informasi yang diperlukan. Tentu saja cara ini sangat mudah dan bisa dilakukan siapa saja.
3. Memilih Objective Iklan
Langkah selanjutnya adalah memilih objective atau tujuan melakukan iklan. Seperti yang sudah dipaparkan diatas. Facebook ads mendukung tiap-tiap journey dalam digital marketing funnel. Pada dashboard campaign ads manager, pilihlah tombol hijau dengan tulisan creative.
Nah nantinya akan diberi beberapa pilihan objective yaitu awareness, traffic, engagement, lead, app promotion dan juga sales. Pastikan untuk memilih sesuai dengan kebutuhan dan jenis bisnis yang ingin di iklankan.
4. Menentukan Anggaran
Jika melakukan iklan Facebook ads, maka bisa menentukan anggaran untuk campaign Facebook ads yang akan dijalankan. Pertama-tama, tentukan nama campaign di campaign name. Kemudian scroll ke bawah sampai menemukan advantage campaign budget.
Di sini bisa memilih salah satu dari 2 jenis tipe anggaran yang ada. Kemudian pilih strategi bidding yang ingin digunakan. Jika sudah pilih next dan akan diarahkan ke ads sets.
5. Menentukan Targeting Audience dan Penempatan Iklan
Dengan Facebook ads, maka bisa menentukan targeting audience. Mulai dari usia sampai dengan preferensi. Nantinya iklan hanya akan ditampilkan ke orang-orang dengan karakteristik yang sudah ditentukan. Ini lebih efektif dibandingkan dengan menargetkan iklan ke semua pengguna Facebook yang ada.
Jadi itulah cara yang bisa dilakukan untuk memulai iklan Facebook. Tentu saja masih ada banyak yang perlu dipelajari jika ingin iklan Facebook ads.