Tentunya banyak hal yang melatar belakangi lancarnya suatu usaha, salah satunya ialah pemasaran. Pemasaran dijaman yang modern ini tak hanya melalui sebar pamflet saja akan tetapi bisa dipasarkan via digital. Sebagai contoh, usaha percetakan bisa diiklankan via IG/FB/Website sehingga audience lebih beragam dan jangkauannya lebih luas. Beda halnya jika dipasarkan via pamflet atau mulut ke mulut, yang mengetahui hanya lingkup usaha percetakan itu saja. Maka dari itu dijaman sekarang pemasaran via digital lebih banyak diminati.
Jenis Digital Marketing
Banyak berbagai jenis digital marketing yang dapat dipakai untuk memperomosikan bisnis secara daring. Dari masing – masing jenis tentunya ada kelebihan dan kekurangannya, untuk itu sebelum menentukkan jenis digital marketing yang aka di gunakan, alangkah baiknya dipelajari dan konsultasi terlebih dahulu supaya nanti produk/jasa yang dipromosikan lebih optimal. Berikut ini jenis-jenis digital marketing yang biasanya dipakai oleh pengguna digital marketing.
- Content Marketing
Content Marketing merupakan jenis digital marketing yang berfokus pada pembuatan atau pendistribusian konten. Konten tersebut ditujukan kepada audience dan berisi tentang apa yang akan diiklankan. Konten tersebut bisa berupa video, podcast dan postingan vlog. Tentunya pembuatan konten harus menarik dan informative, selain itu harus menyesuaikan dengan trend.
- Search Engine Optimazation (SEO)
SEO merupakan proses pengoptimalan traffic secara gratis ataupun berbayar. Jika tujuanmu mengiklankan suatau produk/jasa untuk menarik banyak pengunjung, maka harus mengoptimalkan suatu konten, kata kunci yang relevan untuk judul, deskripsi, isi website serta membangun backlink yang relevan.
- Search Engine Marketing (SEM)
SEM merupakan salah satu strategi marketing yang digunakan untuk meningkatkan visabilitas sebuah website pada mesin pencari, seperti Google, Yahoo dan Bing. SEM juga dikenal sebagai pencarian berbayar.
- Sosial Media Marketing (SMM)
SMM merupakan penggunaan platform social media untuk mengiklankan/memasarkan suatu produk/jasa untuk menarik pelanggan atau audience. Dengan social media, lebih mudah dalam menemukan pelanggan dan juga lebih mudah dalam menangani keluhan pelanggan.
- Pay Per Click Advertising (PPC)
PPC merupakan model pemasaran dimana penyedia iklan harus membayar iklan apabila ada audience mengeklik iklan yang ditayangkan. Biaya per iklan biasanya tergantung dari diri sendiri atau di rekomendasikan oleh jasa iklan. Biasanya semakin besar biaya iklannya, maka semakin atas pula iklan kamu ditampil di suatu platform.
- Affiliate Marketing
Affiliate marketing adalah sebuah system yang memungkinkan seseorang atau perusahaan mendapatkan komisi hanya dengan mempromosikan produk/jasa via link saja. Dalam system ini, afiliator hanya mempromosikan barang/jasa tanpa harus memproduksi ataupun mempunyai produk. Apabila produk yang afiliator promosikan ada yang membeli maka afiliator tersebut bisa mendapatkan komisi.
- Email Marketing
Email Marketing merupakan system marketing menggunakan email, jadi cara mempromosikan produk/jasa via email. Email marketing juga berfungsi untuk menjalin hubungan dengan customer/calon customer. Tak hanya itu, email juga bisa menerima ulasan dari customer perihal produk/jasa yang mereka pakai.
- Instant Messaging Marketing
IMM adalah jenis marketing yang paling digunakan oleh semua orang. Karena jenis ini termasuk yang paling mudah dengan lainnya. Karena hanya dengan pesan singkat, sudah bisa melakukan sebuah pemasaran produk/jasa. Biasanya mereka menggunakan WhatsApp ataupun Telegram.
- Radio Advertising
Meskipun terbilang kuno, akan tetapi jenis marketing ini masih ada diera sekarang. Dimana cara memasarkan produk/jasa via radio. Jadi audience bisa mendengarkan iklan tersebut via saluran radio. Karena jangkauan radio bisa di akses dimana saja.
- Television Advertising
Bahkan setiap rumah dijaman sekarang semua memiliki televisi. Jenis pemasaran ini menggunakan televisi, jadi di televisi akan ditayangkan berbagai macam iklan yang tujuannya untuk menarik penonton supaya tertarik dengan iklan tersebut.
Uraian diatas merupakan jenis marketing yang biasa digunakan oleh pengguna digital marketing untuk memasarkan ataupun mengoptimalkan produk/jasanya. Tidak semua diaplikasikan akan tetapi salah satu dari 10 kategori tersebut sangat berpengaruh pada iklan yang dipasarkan jika diaplikasikan dengan optimal.
Memahami seluk-beluk digital marketing memang butuh waktu dan riset. Jika Anda ingin fokus mengembangkan bisnis inti, Jogja Lantai Dua siap membantu merancang strategi digital marketing yang efektif dan efisien.